Address
Kab. tangerang, Kp talagasari rt 012 rw 001 No. 50
Phone

8 Tanda AC di Rumah Sudah Harus Diganti Atau Diperbaiki


tips mengetahui ac yang rusak

Bagi sebagian orang, air conditioner (AC) adalah peralatan elektronik yang wajib dipasang di rumah. Terutama di negara tropis seperti Indonesia yang suhunya bisa sangat panas di siang hari, AC dianggap menjadi solusi.
Seperti alat elektronik lainnya, AC juga bisa rusak dan harus diganti atau diperbaiki. Kalian harus mengenai 8 tanda bahwa AC di rumah Anda sudah harus diganti atau diperbaiki.

Tanda-tanda AC Sudah Harus Diganti Atau Diperbaiki
Dilansir dari Sealed, berikut ini 8 tanda AC di rumah Anda sudah harus diganti atau diperbaiki:

1. Masuk Usia Penggantian
Tanda pertama yang menunjukkan AC di rumah Anda sudah perlu diganti adalah ketika memasuki usia tertentu. Rata-rata usia pemakaian AC adalah 5-15 tahun.

Namun setiap jenis AC memiliki batas usia yang berbeda-beda. Misalnya AC sentral dapat bertahan antara 10-30 tahun. AC window bisa berusia sampai 10 tahun, AC portabel di kisaran 5-10 tahun, dan AC rumahan bisa sampai 15 tahun.

2. Tidak Terasa Dingin
Selain soal usia, fungsi yang menurun juga bisa menjadi tanda AC sudah harus diganti atau hanya harus diperbaiki komponennya.

Penurunan fungsi ini seperti yang tak lagi terasa dingin. Jika tak terasa dingin seperti biasanya, jelas ada masalah pada AC tersebut.

3. Butuh Waktu Terlalu Lama untuk Dingin
Pada AC yang terprogram otomatis akan mati secara sendirinya jika suhu ruangan sudah mencapai titik yang diinginkan. Untuk mencapai titik tersebut, biasanya AC menyala sekitar 15-20 menit, baru kemudian mati sendiri. Jika AC menyala terus menerus, maka kemungkinan ada yang rusak.

4. Muncul Bunyi Tak Enak
Jika unit AC Anda memunculkan suara aneh atau tak enak didengar, seperti bunyi berdecit, berderit, atau melengking, jangan diabaikan.

Memang beberapa suara ini muncul karena masalah ringan, tetapi suara melengking yang tinggi bisa menjadi tanda kerusakan yang membahayakan.

5. AC Bocor
AC yang meneteskan air adalah sesuatu yang dianggap normal. Namun jika air yang menetes terlalu banyak, mungkin sudah waktunya memanggil teknisi. Ini bisa jadi akibat kebocoran zat pendingin.

6. Tagihan Listrik Meningkat
Tanda AC sudah harus diganti atau diperbaiki selanjutnya adalah tagihan listrik yang meningkat tak wajar. Kenaikan tagihan memang bisa terjadi karena banyak hal.

Tapi ingat-ingat lagi, adakah penggunaan yang tidak wajar. Jika semua terasa wajar, mungkin ada masalah pada AC Anda. AC rusak akan kehilangan efisiensinya tanpa tanda-tanda yang jelas, sehingga mempengaruhi kebutuhan daya listrik.

7. Kualitas Udara Menurun
Jika Anda akhir-akhir ini mempersoalkan kualitas udara, hingga mengalami batuk-batuk atau masalah lain, bisa jadi komponen AC Anda sudah harus diperbaiki atau diganti.

Coba periksa sistem HVAC Anda, apakah ada partikel debu dan jamur di dalam saluran udara. Selain menyebabkan masalah kualitas udara, AC rusak juga bisa menyebabkan rumah menjadi terlalu lembab atau pengap.

8. AC Mengalami Siklus Pendek
Jika sistem AC mengalami mati dan hidup dalam waktu singkat, itulah yang disebut siklus pendek. Ini bisa terjadi ketika sistem AC sudah semakin tua. Periksakan masalah ini ke teknisi HVAC terlebih dahulu apakah perlu perbaikan atau sudah waktunya diganti.

Nah, demikian tadi 8 tanda AC di rumah Anda sudah harus diganti atau diperbaiki. Jangan diabaikan, ya!

Sumber: “https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-7354740/8-tanda-ac-di-rumah-sudah-harus-diganti-atau-diperbaiki”